Home » » Windows 8 Siap Hadang iPad

Windows 8 Siap Hadang iPad

Windows 8 Siap Hadang iPad – Baru baru ini Microsoft meresmikan sistem operasi terbarunya Windows 8 dalam konferensi BUILD yang dihadiri ribuan pengembang aplikasi di Anaheim, California, Selasa (13/9/2011).

Presiden Divisi Windows Microsoft, Stefen Sinofsky menyebut Windows 8 sebagai perubahan besar yang pernah dilakukan Microsoft setelah Windows 95. Ia juga menambahkan kalau Windows 8 akan menawarkan pengalaman baru dibanding sistem operasi sebelumnya yang mendukung penuh fitur layar sentuh dan bisa digunakan di semua jenis perangkat baik PC maupun tablet.

"Cepat, luwes, segar, dan penuh energi," ujarnya


Dengan Windows 8 nya, kini Microsoft siap menghadang laju iPad yang saat ini semakin tak terbendung. Banyak pesang iPad yang datang dan pergi tapi tak ada satu pun yang bisa menjadi pesaing kuat perangkat tablet buatan Apple tersebut.

Pembuatan operating system Windows 8 oleh Microsoft sebagai bentuk usahanya dalam mengejar ketinggalannya dari Apple baik segi value maupun kepopuleran.

Banyak pengamat menilai Windows 8 merupakan satu satunya OS yang mungkin bisa menghadang dominasi iPad dengan iOS-nya.

Penampilan dan Spesifikasi Windows 8

Dari sisi tampilan, sistem operasi ini menyajikan menu yang segar seperti Windows Phone 7. Layar pertama langsung menyajikan kumpulan informasi dari aplikasi-aplikasi yang sedang dipakai dan menu yang disusun rapi dengan desain yang disebut Metro. Dari menu awal, penggunannya juga bisa langsung mengakses daftar teman dalam jejaring sosialnya dan menu-menu favorit cukup menggeser layar dengan sentuhan jari.

Software ini juga mendukung berbagai platform hardware. Tidak seperti versi-versi Windows sebelumnya yang hanya mendukung arsitektur prosesor x86, Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet umumnya. Bentuk perangkatnya pun bisa jauh lebih ramping dan tipis serta bakal punya daya tahan baterai lebih lama.

Sinofsky memastikan bahwa semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8. Sedikit berbeda adalah dalam hal pendekatan pengguna untuk mengakses beberapa jenis aplikasi. Kalau sistem operasi sebelumnya memaksa pengguna selalu membuka aplikasi satu demi satu, pada Windows 8 kolaborasi antaraplikasi mulai diterapkan. Misalnya lewat fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi email, Twitter, dan jejaring sosial dalam satu tampilan.


Dari segi spesifikasi, sebuah komputer dengan prosesor atom dan RAM 1GB sudah bisa menjalankan sistem operasi tersebut.

Dalam sebuah slide di konferensi Build 2011, Sinofsky memaparkan Windows 8 hanya membutuhkan memori 281 MB RAM dan menjalankan 29 proses saja. Sebagai perbandingan saja, Windows 7 SP1 embutuhkan 404 MB dan 32 proses. Sedangkan preview Windows 7 memperlihatkan 540MB dan 34 proses.

Windows 8 diharapkan dapat selesai di pasaran pada musim semi 2012 dan dipasarkan tak lama setelah itu.


0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger