Home » » Kelebihan dan Kekurangan Vigas

Kelebihan dan Kekurangan Vigas

Kelebihan dan Kekurangan Vigas – Setelah pemerintah mengumumkan akan mulai membatasi penggunaan BBM subsidi 1 April nanti, kata Vigas kini menjadi populer di masyarakat. Apa itu Vigas ? lalu apa kelebihan dan kekurangan Vigas ?.

Seperti halnya Elpiji, Vi-Gas juga merupakan turunan dari LPG yang dinamakan LGV (Liquefied Gas for Vehicle), dengan campuran Propane dan Butane. Dikemas dalam tabung yang juga berfungsi sebagai tanki bahan bakar, Vi-Gas sangat cocok digunakan untuk kendaraan kecil, baik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Apa bedanya BBG, Otogas dan Vigas ?

BBG merupakan merek dagang dari  CNG (Compressed Natural Gas), jenis gas yang pertama kali di gunakan di Indonesia, yaitu sekitar tahun 80 an. Sedangkan Otogas adalah program bahan bakar gas di mana tipe gas yang di gunakan adalah gas cair alias LPG (Liqufied Petroleum Gas), produk ini di endorese oleh pemrov DKI.

Bagaimana dengan Vigas ?....Vigas sama dengan Otogas, yaitu berupa gas cair namun tekanan Vigas lebih rendah dari otogas sehingga lebih aman. Waktu pengisian Vigas juga terbilang cepat, berbeda dengan BBG yang perlu waktu yang cukup lama.

Vigas beroktan kurang lebih sama dengan 98, jauh lebih tinggi dari premium yg beroktan 88 ato pertamax yg beroktan 92 bahkan pertamax plus yg beroktan 95. dengan kata lain, dapur mesin kita lebih bersih dan gas buang pun lebih ramah lingkungan.


Berikut Kelebihan dan Kekurangan Vigas

Kelebihan Vigas

·       Ramah lingkungan
·       Fleksibelitas pemakaian dua jenis bahan bakar
·     Biaya operasional kendaraan lebih murah karena harga Vigas di bawah premium apalagi pertamax (note: Vigas subsidi)
·    Jarak tempuh per liternya lebih panjang sedikit di bandingkan premium atau pertamax. Beda sekitar 2-3 km.
·       Kerja mesin lebih optimal
·       Memperpanjang umur mesin
·       Bebas timbal
·       Lebih aman, karena
-   Tekanan di dalam tangkinya rendah
-   Ada auto cut off valve apabila terdeteksi kebocoran
-   Tabung tahan api/panas/kebakaran
-   Tabung tahan benturan hi impact

Kekurangan Vigas

·       SPBG masih jarang.
·     Masih perlu untuk memasangkan Converter Kit yang harganya mayan bwt bli motor kisaran 10-12jt rupiah.
·     Karena perbedaan oktan yang cukup signifikan antara Vigas dan BBM, pastinya akan ada lag waktu nekan gas, dengan kata lain lebih lemot jika anda beralih dari Vigas ke BBM.
·     Jika tabung Vigas perlu perbaikan, butuh tempat khusus yang sudah di tentukan oleh Pertamina.
·     Part mobil peril di bobok untuk saluran Vigas ke mesin.

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger