Home » » 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha – Selain kreatifitas dan kemauan, modal juga menjadi faktor penting dalam membuka usaha atau bisnis sendiri, tanpa modal usaha anda tidak akan berjalan. Tapi bagaimana cara mendapatkan modal usaha ?


Berikut 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cairkan Dana Sendiri
Cara ini tentunya yang paling mudah dalam memperoleh modal usaha. Anda bisa mencairkan tabungan, deposito, reksadana, saham atau bahkan emas anda untuk modal usaha ini. Namun yang terpenting adalah dengan memisahkannya dengan pengeluaran pribadi agar tidak mengganggu kondisi finansial keluarga.

Meminjam ke Bank
Biasanya di bank, ini dinamakan microfinancing. Jangan gegabah dalam menentukan pinjaman ke bank dan tergiur hanya dengan bunga kecil dan kemudahan proses saja. Pilih bank yang memiliki kredibilitas, kemudahan, dan bunga kompetitif.

Meminjam ke Kantor atau Koperasi
Jika anda seorang pebisnis namun masih berstatus karyawan, anda bisa coba memanfaatkan pinjaman kantor atau koperasi karyawan untuk memulai usaha karena biasanya kantor memberlakukan bunga yang cukup rendah atau bahkan tanpa bunga sama sekali.

Menjalin Kerjasama
Cara ini merupakan cara yang paling diminati oleh pebisnis karena modal usaha yang didapatkan bukan berasal dari kantong sendiri. Anda bisa mencari investor atau bekerja sama dengan teman atau kerabat. Berikan keterangan jelas mengenai pembagian keuntungan nantinya dan ini haruslah dibuat perjanjian hitam di atas putih.

Mencari Dana Hibah
Cara lain yaitu bisa saja kita manfaatkan dana-dana pihak ketiga, dalam hal ini pihak pemerintah atau pihak swasta.  Sebagaimana kita tahu, untuk beberapa perusahaan-perusahaan besar dana hibah ini disalurkan melalui Divisi CSR-nya (Corporate Social Responsibility).  Dalam hal ini perusahaan-perusahaan tersebut bisanya memiliki budget atau anggaran dana tersendiri dalam membangun perekonomian masyarakat  disekitar perusahaan atau masyarakat secara umum. untuk teknis penyaluran dananya biasanya melalui event-event competition.  Oleh karena itu, bisa jadi melalui event-event tersebut dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda untuk mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha Anda.

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger