Home » » Cara Cek Data Guru Terbaru Lengkap

Cara Cek Data Guru Terbaru Lengkap

Cara Cek Data Guru Terbaru Lengkap – Di tahun 2013 ini, Tunjangan Profesi (TP) hanya akan diberikan ke guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang benar benar valid datanya saja. Data yang digunakan adalah Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) yang ada di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIREKTORAT P2TK DIKDAS).

Data tersebut sebelumnya diinput dan dikirim sendiri oleh masing-masing pihak sekolah dimana si guru mengajar melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat DAPODIK secara online. Untuk anda yang ingin cek data guru, bisa menggunakan cara di bawah ini.

Berikut Cara Cek Data Guru Terbaru Lengkap

1. Kunjungi website P2TK DIKDAS http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id atau anda juga bisa langsung klik link dibawah ini untuk lebih cepat. Agar lebih efektif, anda bisa minta tolong ke teman atau saudara anda.

http://116.66.201.163:8083/info.php

2. Untuk melihat data, anda login terlebih dahulu dengan memakai NUPTK dan password yaitu tanggal lahir dengan format YYYYMMDD. Contoh: jika tanggal lahir Anda 23 Agustus 1985 passwordnya: 19850823


Untuk mengetahui NUPTK dapat dilakukan dengan 2 cara :

NUPTK SMS GETAWAY
Caranya kirim sms ke no: 081218582888  Format Pengiriman:  Nuptk#nama lengkap#tempat lahir#tanggal lahir

Contoh: Nuptk#junaidi abdillah#gresik#12-09-1976

NUPTK Browser
Cari NUPTK berdasarkan, Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, dan lain-lain.

Caranya:
- Download aplikasi NUPTKWebBrowser melalui link dibawah ini

http://nuptk.kemdiknas.go.id/nuptkwebbrowser161.exe atau
http://psdmp.kemdiknas.go.id/uploads/file/nuptkwebbrowser161%20(public).rar

- Jalankan aplikasi tersebut di komputer anda.
- Manfaatkan fasilitas search engine berdasarkan nama, sekolah, tempat lahir dan lain-lain.
- Untuk pencarian berdasarkan Sekolah/Madrasah, pilih sekolah yang dimaksud kemudian klik tombol Cari. Tekan tombol Detail untuk melihat daftar PTK yang ada di sekolah tersebut.

3. Setelah itu, anda akan menjumpai halaman selanjutnya, ada 20 baris data yang ditampilkan, ada juga informasi status, valid ataukah belum.

Jika proses login yang anda lakukan ternyata gagal, nanti akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form. Jika alasan yang tertulis NUPTK tidak ditemukan, maka ada beberapa kemungkinan.

Yang pertama, kolom NUPTK belum diisi pada data DAPODIK Anda. Yang kedua, kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik, atau data DAPODIK belum ter-import ke basis data.

Untuk memperbaiki kesalahan data, guru atau PTK bisa megubahnya lewat Aplikasi Pendataan yang ada di masing-masing sekolah bersangkutan melalui operator dan dikirimkan kembali ke server pusat DAPODIK.

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger