Home » » Penjualan Smartphone Didominasi Samsung dan Apple

Penjualan Smartphone Didominasi Samsung dan Apple

Melalui laporan yang dikeluarkan oleh analis diketahui bahwa 2012 mencatat rekor penjualan smartphone. Tercatat telah terjual 700 juta unit smartphone di seluruh dunia sepanjang tahun lalu. Penjualan tersebut didominasi oleh Samsung dan Apple. 

Samsung mencaplok 30 persen pangsa pasar dengan total 213 juta unit smartphone, nyaris separuh dari total dunia. Ini menjadi rekor kedua setelah Nokia mencatat pengapalan 100 juta unit ponsel pada 2010 lalu. Kesuksesan ini diyakini berkat penjualan smartphone dengan variasi beragam, mulai dari Galaxy Note yang mahal hingga Galaxy Y yang murah. 

Sedangkan Apple mengisi 19 persen total pasar dunia dengan penjualan 135,8 juta unit smartphone. Jumlah itu naik 46 persen dari 2011 lalu. Penjualan itu didominasi dari Amerika Utara dan paling sedikit permintaan dari pasar Afrika. 

Nokia muncul di posisi ketiga dengan penjualan yang turun 16 persen dari tahun lalu. Nokia yang belum menemukan produk jagoan, layaknya Galaxy S3 milik Samsung, ditengarai menjadi penyebab turunnya jumlah penjualan. 

"Portfolio Windows Phone Nokia terus berkembang beberapa bulan ini dengan adanya seri Lumia 920 namun mereka belum memiliki 'pembunuh' iPhone atau Galaxy S3," ucap analis dari Strategy Analytics. "Besarnya anggaran pemasaran, saluran distribusi luas dan variasi produk yang menarik telah memungkinkan Samsung dan Apple memperketat cengkeraman mereka di industri smartphone."

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger