Home » » Ledakan Hebat Terjadi di Praha

Ledakan Hebat Terjadi di Praha

Opoae - Berita
Ledakan Hebat Terjadi di Praha

Sebuah ledakan hebat terjadi di sebuah gedung yang berisi perkantoran dan galeri seni di Jalan Divadelni, Ibu Kota Praha, Cekoslowakia pada Senin pagi waktu setempat, 29 April 2013. Ledakan yang melukai 35 orang itu dipastikan bukan merupakan bom dan termasuk serangan terorisme.

Dilansir laman kantor berita CNN, Senin 29 April 2013, hal itu dinyatakan oleh Walikota Praha, Bohuslav Svoboda. Menurut Svoboda, ledakan itu menghancurkan isi lantai satu bangunan tersebut.

"Kami saat ini dapat memastikan bahwa ini disebabkan ledakan gas dan bukan serangan teroris," ujar Svoboda kepada pewarta berita.

Svoboda juga menyebut dari 35 orang yang ditemukan dalam keadaan luka, 30 korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan. Dua di antara mereka dilaporkan mengalami luka yang cukup parah.

Sementara itu, menurut juru bicara pemadam kebakaran kota Praha, Pavlina Adamcova, diduga masih terdapat dua atau tiga orang yang belum ditemukan di dalam gedung. Ledakan gas yang terjadi pada Senin pagi itu sangat kuat.

Jendela-jendela beberapa gedung di Old Town yang biasa dipadati para wisatawan untuk berfoto, terlihat hancur berkeping-keping. Sebagai tindak pencegahan, pihak Kepolisian kota Praha mengungsikan 230 orang yang berada dekat dengan lokasi ledakan, termasuk mahasiswa Universitas Charles dan Akademi Pementasan Seni Film dan Televisi (FAMU).

Universitas Charles yang berlokasi dekat dengan ledakan juga terkena dampak ledakan yang parah. Menurut seorang pengajar jurnalistik di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Charles, Milos Cermak mengatakan perpustakaan di kampusnya merupakan fasilitas yang paling parah mengalami kerusakan.

Ketika ledakan terjadi, Cermak dan mahasiswanya langsung berhamburan keluar untuk membantu korban luka.

"Kami melihat banyak orang terluka dan cedera, tetapi tidak ada yang mengalami luka parah. Jendela di kampus kami memang banyak yang hancur dan saya lihat perpustakaan mengalami kerusakan yang parah," ujar Cermak seperti dilansir laman USA Today, Senin 29 April 2013.

Sementara itu, menurut dekan FAMU, Pavel Jech, kebocoran gas merupakan masalah yang kerap terjadi di Republik Cekoslowakia.

"Gas yang bocor itu bisa saja disebabkan infrastruktur bangunan yang sudah lapuk. Bangunan yang meledak dan yang berada di sekitar daerah ini telah berusia sekitar 150 tahun," ujar Jech.

Pernyataan serupa juga datang dari salah seorang warga kota Praha, Tereza Cechurova (27). Menurut wanita yang sedang hamil delapan bulan itu, dia tidak terlalu terkejut ketika mengetahui penyebab ledakan adalah gas yang bocor. "Ini merupakan sebuah masalah yang kerap berulang," kata Cechurova.

sumber: http://dunia.news.viva.co.id/news/read/409030-gedung-meledak-di-praha

1 comments:


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger