Home » , » Tips Jitu Singkirkan Ketombe

Tips Jitu Singkirkan Ketombe



Pernah mengalami hal buruk karena ketombe? Bayangkan ketika Anda pergi ke suatu pesta. Sudah tampil cantik dengan black dress, make-up sempurna dan menjadi pusat perhatian. Tiba-tiba pundak Anda penuh dengan serpihan-serpihan putih kecil. Dan Anda sering sekali menggaruk kepala karena gatal. Penampilan cantik pun bisa rusak hanya karena ketombe.

Ketombe merupakan masalah rambut yang sering sekali mengganggu. Bukan hanya karena membuat kulit kepala gatal, tetapi juga dapat mengakibatkan kerontokan. Ketombe biasanya muncul karena kulit kepala kotor dan perawatan rambut yang salah. Menurut Lie Kuang, penata rambut dari Lie Kuang Salon Semarang, dalam mengatasi ketombe harus diperhatikan lebih dahulu jenis ketombenya.

"Harus tahu ketombenya seperti apa. Apakah berminyak atau kering. Karena ketombe itu macam-macam jenisnya," ujarnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

Setelah mengetahui jenis ketombe, pilih sampo yang sesuai dengan spesifik ketombe yang Anda miliki. Bersihkan kepala Anda secara teratur. Biasakan keramas minimal dua atau tiga kali seminggu. Karena membersihkan kepala secara teratur dapat mencegah akumulasi sel kulit mati pada rambut dan kulit kepala.

Jika Anda memiliki rambut rusak dan kulit kepala yang berminyak. Lie Kuang menyarankan untuk tidak memilih sampo yang khusus untuk rambut rusak. Kulit kepala yang berminyak, merupakan kulit kepala yang rentan terhadap ketombe. Karena itu, meskipun Anda merasa memiliki rambut rusak, sampo untuk rambut rusak tidak akan membantu permasalahan Anda.

"Sampo untuk rambut rusak hanya akan menambah minyak di kulit kepala dan menyebabkan ketombe," katanya.

Sebaiknya apabila rambut Anda membutuhkan perawatan, Lie Kuang lebih menyarankan untuk merawatnya dengan masker rambut. "Tapi jangan sampai terkena kulit kepala," ucapnya.

Menurut Lie Kuang, nutrisi yang terdapat pada masker berfungsi untuk merawat batang rambut. Apabila terkena kulit kepala, partikel-partikel yang terdapat pada masker akan mudah masuk ke kulit kepala dan menyebabkan kulit kepala berminyak.

Begitupun sebaliknya, perawatan untuk kulit kepala tidak cocok untuk batang rambut. Karena itu, biasanya sampo untuk rambut berketombe menyebabkan ujung rambut menjadi kering.

"Makanya perawatan untuk kulit kepala dan rambut harus terpisah," ujarnya.

1 comments:


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger