Home » , » Trik Agar Pelembap Kulit Bekerja Maksimal

Trik Agar Pelembap Kulit Bekerja Maksimal

Sudah menjadi hal yang tak terbantahkan kalau kulit membutuhkan pelembap untuk menjaga kesehatan dan keindahannya. Namun, kerja pelembap bisa jadi tak maksimal jika Anda salah mengaplikasikan.

Banyak yang mengenakan pelembap, baik pada wajah ataupun tubuh, setelah tubuh kering usai mandi. Tapi ternyata, cara ini efektif. Sebaiknya, pelembab diaplikasikan sesaat setelah mandi.

"Pelembap itu paling baik dipakai saat kulit masih agak basah. Jadi sebaiknya sehabis mandi, setelah agak dikeringkan, langsung dipakai," kata dr Vinia Permata, spesialis kulit, dalam acara Wardah Outing Wonderful di Green Forest Resort, Bandung.

Menurutnya, kondisi kulit yang agak basah akan menyerap formula pelembap lebih baik. Sehingga, pemakaian jadi efektif dan menutrisi kulit secara maksimal. Pemakaian pelembap juga tak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan jenis kulit, apakah normal, kering, atau berminyak. 

Pemakaiannya pun harus secukupnya. Tak boleh berlebihan, karena justru bisa menyebabkan masalah kulit. Misalnya, saat pelembab dengan kadar minyak berlebih yang seharusnya untuk kulit kering, digunakan pemilik kulit berminyak.

"Jika seharusnya pakai pelembap yang memiliki kandungan air tinggi tapi menggunakan kadar minyak tinggi, bisa menimbulkan jerawat," kata dr Vinia.

Pelembap, terutama untuk wajah, bukan hanya harus Anda kenakan saat ke luar rumah. Ada juga saat-saat penting menggunakannya. Yakni, pagi sesaat setelah mandi atau sebelum beraktivitas, siang setelah beribadah atau mencuci wajah, serta krim malam sebelum tidur. Bagi Anda yang seharian berada di ruangan berpendingin, mengenakan pelembap saat sore pun diperlukan. 

"Regenerasi kulit itu saat kita tidur malam, jadi memakai pelembab atau krim malam juga penting," ujar dr Vinia

Sedangkan pemakaian tabir surya atau sun block, sedikit berbeda. Penggunaan tabir surya minimal dilakukan 15 menit sebelum beraktivitas. Jika kurang dari itu, efek perlindungannya tidak akan berfungsi. Selain itu, tabir surya juga harus dioleskan setiap dua jam sekali atau jika kulit terkena air.

1 comments:


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger