Home » » Tips Sukses Mengawali Sebuah Bisnis

Tips Sukses Mengawali Sebuah Bisnis


Tips Sukses Mengawali Sebuah Bisnis
wikiasia.blogspot.com - Pernahkah Anda mendapat pelayanan yang kurang menyenangkan? Entah itu dengan costumer service, teller, waitress restoran atau bahkan karyawan di salon langganan. Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak dari kita yang sering dibuat kesal oleh pelayanan yang diberikan sebuah institusi. Tertutama di negara kita sendiri.

Tak perlu heran kerena memang untuk urusan ini, Indonesia masih cukup tertinggal. "Di Jepang, seorang kasir supermarket yang begitu ramai dikunjungi pembeli masih melayani pembeli dengan ramah. Ia masih bisa senyum dan mengajak ngobrol pembeli. Ia juga menawarkan kantung plastik walaupun pembeli hanya membeli satu buah produk," ucap Cyltamia Irawan yang ditemui pada acara peluncuran bukunya Service Flavours di bilangan Senayan.

Mia, demikian ia disapa memang sudah lama berkecimpung di dunia pelayanan. Ia bekerja sebagai costumer care consultant. Belakangan, wanita penyuka travelling ini mengaku gemar mencari pengalaman orang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan servis. Ia membandingkan pelayanan yang diberikan pekerja-pekerja servis di luar negeri yang begitu berbeda dengan di Indonesia.

"Banyak perusahaan yang menganggap harga produk yang murah adalah kunci utama menarik konsumen. Tapi, harga produk murah, berarti gaji karyawan rendah. Kalau gaji karyawan rendah, bagaimana mungkin mereka akan memberi pelayanan memuaskan?" ucap Mia.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan mengenai pelatihan yang harus benar-benar diberikan perusahaan kepada karyawan mereka yang berhadapan langsung dengan konsumen. Menurutnya, perusahaan juga harus meningkatkan kepercayaan diri para pekerja servis mereka.

"Yang harus dicatat, konsumen menilai baik buruknya suatu perusahaan bukan dari direktur utama atau CEO-nya, melainkan dari servis yang mereka terima. Itulah mengapa pekerja servis harus diberi tahu bahwa mereka bukan pegawai kecilan, melainkan memiliki peran yang sangat besar di sebuah perusahaan," ucapnya.

Di dalam buku tersebut Mia juga banyak memberi pesan kepada para pemilik perusahaan atau Anda yang baru akan memulai usaha. Salah satunya: menanggapi keluhan langsung pelanggan dengan baik sebelum mereka menyampaikan keluhan melalui media sosial. 

Jadi mana yang Anda pilih, harga murah atau pelayanan yang memuaskan? 

sumber : http://life.viva.co.id/news/read/409505-kunci-sukses-mengawali-bisnis--latihan-melayani

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger