Home » » Lagi Apple Kalah Pertahankan Paten iPhone di Brazil

Lagi Apple Kalah Pertahankan Paten iPhone di Brazil

Apple kembali menelan pil pahit dalam mempertahankan paten nama produk besutannya. Tahun lalu mereka kalah mempertahankan nama iPad di China. Kini Apple mengalami hal serupa di Brazil namun untuk nama iPhone. 

Apple diputus oleh pengadilan setempat tidak berhak menggunakan merk "iPhone" di Brazil. Pasalnya, paten atas merk tersebut telah diajukan sebuah perusahaan lokal bernama Gradiente SA sejak 2000. "Merk tersebut (iPhone) dimiliki oleh perusahaan nasional," ucap juru bicara lembaga paten Brazil, Marcelo Chimento. 

Gradiente adalah perusahaan perangkat telekomunikasi pertama di Brazil dan meluncurkan smartphone perdana pada 2004. Mereka mengajukan izin paten tersebut sejak 2000 dan baru dikabulkan pada 2008. Beda dengan Apple, Gradiente menuliskan merk "iphone" dengan huruf 'p' kecil. 

Marcelo menegaskan putusan itu tidak melarang Apple untuk menggunakan nama iPhone di Brazil, tapi patennya sudah milik Gradiente. Kantor paten juga tidak berwenang menghentikan langkah Apple. Untuk mengatur pemakaian nama, Apple dan Gradiente bisa berunding mencapai kesepakatan bersama atau menunggu keputusan pengadilan. 

Seorang pakar telekomunikasi Brazil, Eduardo Tude, menyarankan agar Apple berunding saja karena jika tidak maka terancam tidak boleh menjual iPhone. Hal itu akan jauh lebih merugikan sebab Brazil merupakan salah satu pangsa yang besar.

0 comments:

Post a Comment


 
Support : Copyright © 2013. WIKI ASIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger